7 Tips Menjaga Persahabatan Jarak Jauh
Tagged Tags: ,

Persahabatan Jarak Jauh

Hai sahabat, pasti tahukan siapa itu sahabat? Menurut psikolog, persahabatan adalah suatu hubungan erat antara dua orang atau lebih. Hubungan ini melibatkan perasaan saling menyayangi, peduli, memahami, dan respek satu sama lain. Banyak orang menilai bahwa sahabat terlihat lebih indah dengan selalu bersama.

Namun, karena satu dari lain hal, terkadang hubungan ini harus mengalami kendala. Misalnya yaitu terpisah oleh jarak. Lalu bagaimana caranya agar persahabatan tetap terjalin dengan baik dan tidak renggang? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Meluangkan Waktu Untuk Sahabat

Luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan sahabat. Entah itu satu atau dua jam dalam sehari, bahkan lebih. Melakukan komunikasi jarak jauh menandakan bahwa hubungan persahabatan ini masih terjaga. Kita bisa saling berbagi cerita pengalaman di tempat masing-masing. Komunikasi ini juga penting untuk menguatkan mental saat sahabat membutuhkan.

2. Berikan Kejutan dan Hadiah

Membuat hati orang lain senang adalah perilaku yang terpuji. Apalagi kita membuat sahabat bahagia dengan kejutan atau hadiah dari kita. Saling memberi dapat memupuk rasa sayang. Kejutan dan hadiah bisa saja dari hal sederhana yang tidak memberatkan. Misalnya, kita memberikan oleh-oleh yang disukai sahabat.

Baca juga : Tips Membangun Rumahku Surgaku

3. Lakukan Face Time

Kemajuan teknologi mengatasi kendala hubungan jarak jauh. Kita bisa melakukan face time dengan mudah. Seperti menggunakan sarana video call, skype, dan lainnya. Hal ini bisa mengobati rasa rindu karena kita bisa melihat wajah serta ekspresi sahabat.

persahabatan jarak jauh

4. Saling Memahami

Persahabatan membutuhkan sikap saling mengerti dan memahami . Terutama saat kita sedang tidak bersama sahabat. Mengertilah bahwa setiap orang punya kehidupan dan kesibukan yang berbeda. Biarkan sahabat melakukan rutinitas hariannya bersama keluarga dan lingkungan sekitar. Namun, kita tidak cuek dan tetap menanyakan kabar sahabat.

5. Kirim Karya Indah Tentang Sahabat

Mengirimkan karya indah dengan berbagai cara dapat mempertahankan rasa sayang antar sahabat. Buatlah sesuai kemampuan, seperti dalam bentuk puisi singkat, foto, quotes, dan lainnya. Hal menarik lainnya ketika kita memajang karya itu di media sosial dan tag sahabat. Sebagai bentuk menghargai sahabat.

Baca juga : Cara Meningkatkan Imunitas di Masa Pandemi

6. Hindari Berburuk Sangka

Berburuk sangka memang sifat yang tidak terpuji, tidak selayaknya perbuatan ini kita lakukan. Contoh berburuk sangka terhadap sahabat, seperti menilainya sudah melupakan kita karena jarak yang memisahkan. Ketika mulai merasa demikian, segera menghubungi sahabat dan bercengkrama dengannya. Hal ini menghangatkan hubungan persahabatan kembali.

7. Berusaha Ada Untuk Sahabat Jarak Jauh

Jarak tak menjadi masalah untuk tetap saling membantu. Hadirlah saat sahabat membutuhkan bantuan atau sekadar curhat. Paling tidak kita adalah orang yang paling mengerti sahabat dibanding teman yang lain. Akan lebih indah saat kita menanyakan hal apa yang sedang ia butuhkan.

Nah, dengan demikian insyaallah persahabatan masih terlihat manis walau terpisahkan oleh jarak. Sebut namanya dalam doa, tentu Allah yang Mahakuasa menjaga hubungan persahabatan kita. Selamat mencoba.

Hamba Allah, mahasiswi yang menekuni bidang bahasa Arab dan agama. Menulis menjadi kegiatan sampingannya.

1 comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *