Tips Membuat Pikiran Lebih Santai Saat Belajar.

Santai Saat Belajar

Santai saat belajar bukan berarti tidak serius mengikuti pelajaran, ya. Ada yang suka belajar di sini? Saya tebak sih beberapa ada yang suka dan tidak. Kalau saya, termasuk pilihan yang kedua. Saya suka pusing karena sulit memahami apa yang dipelajari. Pasti beberapa di antara kita juga merasakan hal yang sama. Betul, apa betul? Belajar itu bikin pusing, bahkan ada yang mengalami stress karena beratnya tugas yang diberikan. Tapi, ada solusi supaya enjoy dan lebih santai saat belajar. Mau tahu? Simak tips-tips berikut, yaa.

1. Belajarlah mengatur waktu dengan baik

Mulailah mengatur jadwal untuk membereskan tugas yang menumpuk. Sisihkan sedikit waktu setiap malam, dan belajarlah lebih awal dibandingkan kegiatan lain, agar terbebas keharusan belajar lebih keras keesokan harinya. Jangan suka mengulur waktu. Semakin cepat tugas diselesaikan, akan lebih tenang rasanya. Mulailah dengan mengerjakan tugas yang paling sulit. Tidak perlu menyelesaikan semua tugas sekaligus, kerjakan satu-persatu hingga tuntas. Cara ini akan membuat santai saat belajar tanpa rasa dikejar-kejar. 

Baca juga : Tips Mengajarkan Membaca Tanpa Mengeja

2. Saat lelah, lakukan sesuatu yang menyenangkan

Apabila ada tugas yang sangat sulit dan membuat pusing karena tidak bisa mengerjakannya, rilekskan pikiran kita dengan melakukan hal yang disuka atau hobi. Selama beberapa menit, alihkan perhatian dari materi-materi yang sedang kita pelajari. Mendengarkan musik, menonton film, video youtube, dan pergi ke taman, adalah contoh yang dapat  dilakukan untuk melepaskan ketegangan stress belajar.

supaya santai saat belajar

3. Lakukan relaksasi atau meditasi supaya santai saat belajar

Lakukan relaksasi atau meditasi untuk menyegarkan pikiran dari materi-materi yang kita pelajari. Bisa dengan berendam air hangat, yoga, atau hanya membayangkan berada di tempat yang kita suka. Gunakan imajinasi untuk merilekskan pikiran sebentar.

Baca juga : Depresi yang Dapat Menyerang Remaja

4. Ambil napas lima detik, dan lepaskan

Terkadang yang dibutuhkan orang-orang hanyalah napas yang dalam untuk merasa tenang. Kalau itu tidak berhasil, kita bisa mencari cara latihan bernapas di internet agar pikiran lebih rileks.

 

Nah, Sahabat, inti dari tips-tips tadi adalah agar kita enjoy dalam melakukan aktivitas belajar. Jangan menjadikan belajar jadi beban dan membuat kita menjadi tertekan karena belajar, yaa. Selamat mencoba!

a girl who loves to listen to music while writing.

1 comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *