Langkah Cerdas Menjadi Remaja Produktif

Menjadi remaja produktif tentu menjadi impian kita semua, Sahabat. Tapi, sudahkah melakukan perubahan diri menjadi sosok yang lebih produktif bagi diri sendiri maupun orang lain? Masih belum yakin, dengan apa yang bisa kita lakukan untuk menjadi sosok lebih produktif? Lebih khusus lagi, di saat pandemi seperti saat ini, yang banyak sekali membatasi ruang gerak kita untuk mengeksplorasi diri.
Mesi demikian, jangan takut tidak bisa berubah lebih produktif, ya. Beberapa tips di bawah ini bisa menjadi langkah awal bagi kita untuk bisa lebih produktif. Kita simak yuk!

Tips Menjadi Remaja Produktif

1.Temukan dan tekuni passion lebih dalam

Pertama-tama temukan dulu apa passion kita dan seberapa dalam sudah menekuninya? Masih banyak remaja yang masih sering galau dan tidak menyadari apa sebenarnya passion mereka.

Cara yang bisa kita lakukan untuk menemukan passion adalah dengan membuat daftar passion. Buatlah list of passion dari beberapa hal berikut:

a. Carilah hal-hal yang dilakukan orang lain dan juga ingin kita lakukan (temukan passion melalui rasa iri)

Certified Career and Life Coach, Allison Task mengatakan “Dari seseorang yang membuat kita iri, kita bisa mengenali aspek spesifik dari pekerjaan atau hidup mereka yang juga ingin kita miliki, sehingga bisa membantu kita menemukan komponen dari pekerjaan atau kehidupan yang kita inginkan”.
Dengan kata lain kita dapat menemukan passion dengan cara melirik ketertarikan diri sendiri pada passion orang lain.

b. Menemukan keunikan diri

Hal ini kita lakukan untuk lebih memahami diri kita sendiri. Sebab, tidak menutup kemungkinan dari keunikan kecil yang ada pada diri dapat mengarahkan pada passion kita.

c. Role model

Temukan siapa role model kita dalam kehidupan, lalu gali apa yang membuat diri terinspirasi dari kehidupan mereka. Hal ini bisa menjadi pendorong kita untuk menjadi remaja produktif seperti role mode tersebut.

d. Cita-cita masa kecil

Bisa jadi passion kita adalah cita-cita masa kecil kita. Sebab, walau kita tidak bisa mendalami passion saat masih kecil karena berbagai alasan, bukan berarti saat akan menginjak dewasa tak bisa melanjutkannya, bukan?.

Setelah menganalisis dan menemukan passion apa yang kita inginkan dari list di atas, maka mulailah mendalaminya. Carilah sebanyak mungkin informasi dan ilmu seputar passion kita tersebut.

Baca juga : Hidroponik Lahan Bisnis Petani Millenial

2. Mengubah Hobi, Menjadi Pekerjaan

Sayang sekali bukan, jika hobi yang kita miliki tidak membawa manfaat bagi orang lain. Karena sebetulnya dari hobi yang kita miliki bisa dijadikan jalan untuk meningkatkan produktivitas diri. Misalnya memiliki hobi memasak, kita bisa membuat konten memasak, menawarkan jasa pelatihan onlinenya, menuliskan buku resep sendiri, ataupun menjual masakan.
Contoh hobi lainnya hand lettering misalnya, kita bisa menjual hasil karya lettering, membuat kelas online, ataupun video konten pembelajaran seputar hand lettering.

remaja produktif

3. Menantang diri dengan mempelajari skill baru

Salah satu cara untuk menjadi lebih produktif adalah dengan mau mengambil inisiatif untuk mengembangkan diri. Menantang diri dengan berbagai hal baru. Bisa kita mulai dengan mengikuti pelatihan dan kursus-kursus yang sama sekali belum pernah kita lakukan. Contoh kursus menulis, kursus menggambar dan lain sebagainya. Bisa juga mempelajarinya dari situs-situs online secara otodidak.

4. Mencari partner yang menginspirasi

Carilah teman atau komunitas yang dapat menginspirasi kita dalam memulai suatu aktivitas yang bermanfaat. Misalnya mengikuti komunitas menulis, komunitas content creator, komunitas designer dan masih banyak lainnya.

5. Menjadwalkan me time

Kegiatan me time dapat kita gunakan untuk brain and physical healing. Karena saat fikiran dan tubuh yang digunakan terlalu berlebihan, maka ide-ide kreatif cenderung susah muncul dan kita menjadi mudah stres tentunya. Oleh sebab itu, menjadwalkan rutin kegiatan me time ini pun penting untuk keberlanjutan produktivitas kita.

Selain itu, pilihlah me time yang sesuai kondisi dan tetap berkualitas ya. Contohnya, jika kita hobi menonton drama, bisa loh kita buat review tentang drama tersebut. Jadi tidak sekedar me time ya. Tapi tetap bermanfaat pastinya.

Optimis Bisa!

Bagaimana kita menghabiskan waktu luang dan menjadi sesuatu aktivitas yang produktif dan bermanfaat tentu akan membawa dampak besar bagi masa depan kita, baik dalam karir maupun bersosial. Jadi, jangan tunda lagi. Mulai tantang diri untuk menjadi lebih produktif lagi. Usahakan capaian esok hari akan lebih baik lagi dari hari ini. Selamat menantang diri

2 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *