5 Kiat Mengatur Waktu Agar Efisien Dan Produktif

Kiat Mengatur Waktu

Pernahkah Sahabat merasa pekerjaan menumpuk? Padahal tenggat waktu hampir habis? Atau pekerjaan terlalu banyak, bingung hendak menuntaskan yang mana dulu? Nah, supaya kejadian seperti tadi tidak terulang kembali, yuk intip kiat mengatur waktu berikut ini:

1. Tentukan Prioritas

Apa  sih yang dimaksud dengan prioritas? Prioritas adalah sesuatu yang harus diutamakan dari selainnya. Sahabat harus menentukan satu prioritas dalam satu bidang. Hanya satu, tidak boleh lebih. Baru setelah sahabat menyelesaikan prioritas, sahabat boleh mengerjakan yang lain.

Pastikan juga bahwa prioritas adalah sesuatu yang jika dilakukan , akan meringankan semua pekerjaan yang lain. Misalnya, ketika hendak belajar, maka prioritasnya adalah menyiapkan buku pelajaran dan alat tulis, bukan memilih camilan yang lezat.

Baca juga : Resensi Buku Muda Kaya Raya Mati Masuk Surga

2. Miliki Tujuan

Tujuan dalam melakukan sesuatu amatlah penting. Kiat mengatur waktu yang ini lumayan efektif, loh. Ketika sahabat mulai tersesat, mulai hampa dan tak bersemangat, maka tujuan yang pasti akan memberikan sahabat tekad baru. Tujuan juga bisa berarti niat, untuk apa  sahabat melakukan hal ini. Niat yang paling utama adalah untuk mendapat ridha Allah. Ketika sahabat melakukan sesuatu dengan niat mencari ridha Allah, insya Allah tugas-tugas akan dimudahkan.

kiat mengatur waktu tentukan tujuan

3. Jangan Menunda

Menunda adalah saudara rasa malas. Ketika menunda suatu pekerjaan, sahabat pasti akan merasa malas untuk mengerjakannya kembali, sehingga pekerjaan menggunung. Maka dari itu, paksalah diri untuk memulai pekerjaan. Melangkahlah menuju yang paling prioritas, bukan yang termudah.  Selalu ingat bahwa kian banyak tabungan, makin kaya raya. Seharusnya sahabat kaya tabungan uang, bukan kaya dengan utang pekerjaan.

4. Masuk Ke Lingkungan Positif

Carilah lingkungan yang bisa memberikan energi positif. Jika tidak memungkinkan, cobalah menghindari orang-orang toxic. Dengan menghindari orang orang atau sesuatu yang memberi pengaruh kurang baik, sahabat akan merasa lebih mudah mengatur waktu.

5. Terapkan Pola Hidup Sehat

Kiat mengatur waktu yang terakhir yaitu kebiasaan sehat yang akan menyehatkan jasmani dan rohani. Sehingga sahabat tidak mudah kehilangan semangat maupun terserang penyakit. Pola hidup sehat bisa dimulai dari belajar bersyukur setiap pagi atau malam, melaksanakan secara rutin sholat 5 waktu, perbanyak minum air, dan tidur yang teratur.

Setelah sahabat menerapkan 5 kiat di atas, semoga sahabat bisa lebih mengatur waktu agar efisien dan produktif. Sehingga waktu yang Allah berikan bisa sahabat manfaatkan dengan maksimal. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *