Review Buku Fiqih Kontemporer Kesehatan Wanita
Tagged Tags:

Judul buku. : Fiqih Kontemporer Kesehatan Wanita
Penulis. : dr. Raehanul Bahraen
Penerbit. : Pustaka Imam Syafi’i
Tahun Terbit. : Agustus 2017 dan September 2018
Jumlah Halaman.: 378 halaman
ISBN. : 978-602-6360-17-5

Fiqih Kontemporer Kesehatan Wanita

Buku “Fiqih Kontemporer Kesehatan Wanita” ini ditulis oleh seorang dokter, dosen sekaligus pembicara publik. Beliau adalah dr. Raehanul Bahraen. Sangat pantas ketika beliau menuliskan buku ini berdasarkan ilmunya pada bidang medis.

Wanita merupakan makhluk yang tercipta dengan berbagai kelebihan juga kekurangan. Buku ini menjelaskan apa saja kelebihan seorang wanita. Menceritakan bagaimana kemuliaan wanita dalam sudut pandang Islam. Hal ini membuat wanita harus semakin perhatian dalam urusan dirinya.

Baca juga : Jalan Menuju Taubat

Salah satu pemaparan beliau tentang wanita adalah “Kedudukan wanita dalam Islam begitu istimewa. Ketika kecil, dia bisa menjadi penghalang neraka bagi orang tuanya. Saat dewasa, dia menjadi penyempurna setengah agama suaminya. Lalu ketika tua, surga ada di bawah telapak kakinya.”

Banyak permasalahan kewanitaan yang beliau jelaskan dalam buku ini. Seperti, khitan wanita, pro kontra bayi tabung, kloning manusia, operasi kecantikan, morning sickness, operasi kuret, operasi caesar, ASI eksklusif, bank ASI, kawat gigi, aborsi, lotus birth, implan payudara, dan masih banyak lagi.

Beberapa pembahasan menarik lainnya seperti tips mudah melahirkan, sampai pembahasan berhias dan kecantikan wanita. Sebagaimana wanita sangat suka berhias, penulis menyinggung perihal pemakaian pemutih kulit, kawat gigi, menyambung rambut dan serba-serbi fiqih wanita kontemporer lainnya.

Kelebihan Buku Fiqih Kontemporer Kesehatan Wanita

Kehebatan buku ini antara lain adalah menggabungkan dua sudut pandang tentang wanita. Tidak hanya dalam sudut pandang medis saja, tetapi juga sudut pandang agama. Tentunya penulis sudah menguasai dua bidang tersebut. Sehingga kita mendapatkan banyak informasi bahwa agama Islam ini sangat selaras dengan dunia medis.

Selain itu, pemaparan materi dalam buku ini tersedia dengan padat, singkat, dan memudahkan pembaca untuk memahami. Lengkapi dengan berbagai sumber-sumber terpercaya. Antara lain al-quran, hadis Nabi, para ulama, dan ahli medis ikut terlibat. Dalam buku ini terdapat kesimpulan suatu permasalahan pada tiap babnya. Sehingga memudahkan pembaca untuk mendapat inti sari dari sebuah penjelasan.

Baca juga : Tips Membangun Rumahku Surgaku

Nah, buku ini sangat cocok bagi wanita untuk mengetahui berbagai hal tentang kesehatan wanita menurut tinjauan medis dan agama. Materi fiqih yang penulis jelaskan mengikuti perkembangan zaman. Terkadang penulis berbagi cerita yang sesuai pembahasan, berdasarkan pengalaman pribadi atau orang lain.

Ira Wendah, 02 Oktober 2020

Hamba Allah, mahasiswi yang menekuni bidang bahasa Arab dan agama. Menulis menjadi kegiatan sampingannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *