7 Keterampilan Remaja Saat Pandemi

Keterampilan Remaja Saat Pandemi

Sahabat, keterampilan remaja saat pandemi harus diasah dengan baik. Selama pandemi kita diharuskan untuk tinggal di rumah, jadi lebih banyak waktu luang, kan? Waktu luang tersebut harus dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat. Ternyata, banyak loh kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan dari rumah.

Sahabat adalah generasi muda penerus bangsa. Waktu luang yang ada harus digunakan dengan baik. Jika saat remaja sudah memiliki keterampilan dan wawasan yang tinggi, di masa yang akan datang akan menjadi generasi tangguh yang bisa meneruskan cita-cita perjuangan para pendahulu bangsa.

Dengan memiliki kemampuan yang baik juga akan membuat bangga orang tua dan lingkungan sekitar. Orang tua akan makin sayang dan bangga serta, sahabat juga bisa bermanfaat bagi orang lain.

Baca juga : Tips Membuat Pikiran Lebih Santai Saat Belajar.

Keterampilan Sekaligus Hobi

Selain itu, kegiatan yang bermanfaat bisa juga untuk menyalurkan hobi. Hobi dapat diartikan kegiatan yang dilakukan atas dasar ketertarikan kuat dalam diri. Hobi apa yang Sahabat miliki? Coba ingat-ingat. Usahakan kegiatan yang dipilih disesuaikan dengan hobi agar menambah semangat dan kegembiraan.

Nah, kegiatan apa saja yang bisa dilakukan untuk menambah wawasan dan melatih keterampilan remaja saat pandemi? Simak simak penjabaran di bawah ini.

7 Keterampilan yang Dapat Dipelajari Remaja Saat Pandemi

1. Belajar Bahasa Asing

Bahasa asing apa yang sahabat sukai? Sebagian mungkin ada yang tertarik dengan bahasa Inggris, Arab, Korea, Jepang, ataupun bahasa lainnya. Dalam mempelajari bahasa ada empat hal yang bisa dikuasai yaitu: keterampilan membaca, menulis, mendengar, dan berbicara. Saat ini banyak tersedia layanan belajar bahasa asing di internet baik berupa audio, audio visual, ataupun lembar belajar menarik yang bisa dicetak. Sahabat bisa mempelajari empat keterampilan tersebut melalui media yang ada.

2. Mengikuti Tahfiz dan Murojaah Al-Qur’an

Program ini diperuntukkan bagi yang sudah mahir membaca Al-Qur’an. Tahfiz adalah program mempelajari Al-Qur’an yang dikhususkan untuk menghapal. Sedangkan murojaah, adalah mengulang kembali hapalan yang sudah ada. Selama pandemi makin banyak lembaga Al-Qur’an yang mengadakan program tahfiz dan murojaah online. Informasinya dapat dengan mudah dicari melalui mesin pencarian internet atau media sosial.

3. Belajar Bercocok Tanam

Bercocok tanam adalah salah satu keterampilan remaja yang bisa dilakukan saat pandemi.  Bisa juga dilakukan dengan melibatkan anggota keluarga yang lain. Sayur-sayuran, tanaman obat, ataupun berbagai jenis bunga bisa dijadikan pilihan untuk ditanam. Untuk menanam tidak diperlukan lahan yang luas, bahkan area yang sempit seperti teras rumah dan balkon dapat dijadikan alternatif. Botol dan kemasan plastik bekas bisa dijadikan tempat menanam. Selain untuk mempercantik rumah dan menyalurkan hobi, dengan bercocok tanam bisa juga untuk mengurangi belanja dapur ibu.

4. Berlatih Olahraga

Kesempatan mempelajari keterampilan berolah raga bisa dilakukan bersama kakak atau adik tercinta. Olahraga yang dipilih tidak harus yang rumit. Berlatih berbagai macam olahraga dapat dilakukan di sekitar rumah. Pastikan ketika melakukan olah raga dipilih waktu yang tidak banyak berinteraksi dengan kerumunan orang. Bermain badminton bisa dilakukan di jalanan depan rumah, sedangkan basket, sepakbola, tenis bisa dilakukan bersama kakak atau adik di lapangan sekitar. Bahkan bagi yang sudah memiliki keterampilan sebelumnya, bisa mengikuti lomba virtual. Saat ini lomba virtual yang bisa diikuti diantaranya lomba silat virtual. Kegiatan berolahraga selain menyehatkan, pastinya menyenangkan.

Baca juga : 3 Tips Menahan Emosi Agar Tidak Berlebihan

5. Membuat Berbagai Kerajinan

nah, salah satu ketrampilan remaja saat pandemi yang seru adalah membuat kerajinan. Membuat kerajinan dengan memanfaatkan bahan bekas di sekitar rumah sungguh menyenangkan. Kerajinan tangan yang bisa dibuat diantaranya gantungan kunci, mainan, pembatas buku, kartu ucapan, dan masih banyak lainnya. Sahabat bisa juga menawarkan hasil kreasinya ke teman-teman, dan bisa menambah uang saku.

6. Mengikuti Pelatihan Menulis

Sahabat pasti pernah mencurahkan isi hati dengan menulis pada sebuah buku. Nah, Kegiatan ini bisa diasah dengan mengikuti pelatihan menulis. Dengan mengikuti pelatihan, sahabat bisa menuangkan ide lebih baik dan membuat penulisan sesuai kaidah ejaan yang baku. Istimewanya, setelah mengikuti pelatihan karya sahabat bisa dibukukan bersama penulis lain dalam bentuk kumpulan cerita atau puisi.

7. Belajar Memasak

Sungguh membanggakan jika bisa makan hasil kreasi sendiri. Masakan yang bisa dipelajari diantaranya aneka cemilan atau bermacam – macam kreasi bunda. Jangan lupa untuk selalu didampingi orang tua, karena di dapur banyak alat-alat seperti kompor, minyak, dan air panas yang mungkin dapat berbahaya. Dengan memiliki keterampilan memasak, sahabat bisa membantu ibu jika suatu saat beliau sedang sakit atau terkendala memasak.

Demikian kegiatan penambah pengetahuan dan keterampilan yang bisa sahabat lakukan pada masa pandemi. Jangan lupa, semua kegiatan yang dipilih harus di konsultasikan dengan orang tua agar mereka dapat mendampingi dan memberi arahan. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *