Ciri-Ciri Orang yang Bertakwa

Ciri-ciri Orang yang Bertakwa

Sahabat, dalam kehidupan sehari-hari kita menjumpai beraneka ragam manusia. Ada yang baik dan juga tidak baik. Manusia baik adalah, orang yang bertakwa kepada Sang Pencipta. Takwa artinya mengikuti segala perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Ada 5 tanda atau ciri-ciri orang yang bertakwa, apa sajakah itu? Mari kita kupas satu persatu,

1. Beriman kepada yang ghaib

Orang yang percaya dengan hal-hal ghaib di antaranya: percaya adanya malaikat, surga dan neraka. Dengan adanya keyakinan bahwa ada malaikat yang mengawasi setiap gerak gerik hamba-Nya, maka kita lebih berhati-hati dalam bertindak. Tidak berani untuk berbuat maksiat. Begitu pula ketika keyakinan akan adanya surga dan neraka semakin yakin bahwa setiap perbuatan yang dilakukan akan mendapatkan ganjarannya. Berbuat baik akan diganjar dengan pahala dan berbuat buruk dengan dosa. Pada saatnya nanti akan ditimbang mana yang lebih berat. Jika timbangan pahalanya lebih berat maka surgalah tempatnya. Begitu pula sebaliknya.

Baca juga : Tips Membangun Rumahku Surgaku

2. Melaksanakan sholat

Sebagai seorang muslim yang taat, sholat adalah sebuah kontrol pribadi kita. Pertemuan atau dialog Rabb dan hamba-Nya terjadi pada saat sholat. Sholat membuat hati menjadi tenang dan menghilangkan rasa keangkuhan kita di hadapan Sang Pemilik Langit dan Bumi beserta isinya. Sholat yang wajib kita lakukan dalam sehari semalam adalah 5 waktu.

3. Menginfakkan sebagian rezeki yang Allah berikan

Ciri-ciri orang bertakwa adalah membelanjakan sebagian rejekinya di jalan Allah.  Baik itu sedekah buat fakir, miskin, maupun untuk membantu kepentingan umum lainnya. Sedekah itu tidaklah harus dengan jumlah yang banyak. Jika belum mampu memberikan sedekah materi dalam jumlah banyak, cukuplah kita memberi dengan jumlah yang kita mampu. Allah tidak melihat nominal yang kita berikan, tetapi DIA melihat dari ketulusan niat hamba-Nya.

4. Beriman kepada kitab-kitab Allah

Mempercayai dan meyakini kitab-kitab yang diturunkan Allah, baik itu Al-Qur’an ataupun kitab-kitab sebelumnya.

5. Percaya akan adanya hari kiamat

Menyakini bahwa pada saatnya nanti akan ada hari kiamat dimana tidak ada seorangpun yang dapat luput daripadanya.

Demikianlah sahabat, tanda-tanda orang yang bertakwa yang digambarkan Allah pada Qur’an Surah al-Baqarah ayat 3 dan 4. Banyak dari kita yang belum memahami makna bertaqwa sesungguhnya, yang telah disampaikan Allah dalam ayatnya ini. Semoga kita termasuk hamba-Nya yang bertakwa.

1 comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *