Tips Mengajarkan Membaca Tanpa Mengeja

Membaca Tanpa Mengeja

Adakah yang merasakan kesulitan mengajarkan membaca kepada anak di usia dini? Ya, pastinya banyak orang tua yang mempunyai balita merasa kesulitan mengajarkan anak membaca. Mengajarkan membaca tanpa mengeja pada anak usia dini itu memang susah-susah gampang, karena mereka belum bisa fokus terlalu lama.
Lalu bagaimana cara mengajarnya? Yuk, ikuti tips berikut ini, ya.

Tips Mengajarkan Membaca Tanpa Mengeja

1. Memberikan Label Pada Benda-benda di Rumah

Berilah label atau nama pada benda-benda yang ada di rumah kita. Seperti; pintu, jendela, kursi, meja, dan lain sebagainya.

2. Mengenalkan Huruf Sambil Bermain

Jika anak belum mengenal atau kurang menguasai huruf, hal yang harus dilakukan pertama adalah mengenalkan huruf A sampai Z kepadanya. Lakukan sampai anak hafal dan mengucapkan huruf-huruf tersebut dengan benar.

3. Menghapal Suku Kata

Jika anak sudah mulai menguasai dan mengenal huruf, ajaklah anak untuk menghapal suku kata dari huruf konsonan B hingga Z.

belajar membaca tanpa mengeja

4. Mengajak Anak Membaca Suku Kata

Setelah mengenal huruf dan menghapal suku kata, ajaklah anak untuk mengenal atau membaca suku kata tersebut dengan huruf terbuka. Misalnya: ba – ca, ba – ju, bo – la, bu-ku, dan lain sebagainya.

5. Mengajari Anak Huruf Mati

Setelah menguasai tahap sebelumnya, selanjutnya ajarkan dan kenalkan anak dengan huruf mati. Seperti “ng”, “ny”, dan huruf konsonan lainnya.

Baca juga : Tips Menulis Artikel Bebas

6. Melatih Anak Membaca Kata Sambil Bermain

Biasakan anak menyusun suku kata atau kata menjadi kalimat yang sederhana, seperti; sa – ya su – ka ba – ca
ba – ju sa – ya ba – ru

7. Adakan Perpustakaan Kecil di Rumah

Kenalkan anak dengan buku -buku yang mudah dibaca dengan gambar yang menarik. Jadikan salah satu pojok ruangan rumahmu menjadi ” Perpustakaan Mini ” dengan menyimpan buku-buku cerita anak.

Itulah Sahabat, beberapa tips mengajarkan membaca tanpa mengeja. Lakukanlah kegiatan dengan menarik dan menyenangkan. Hindari memaksa anak untuk membaca. Lakukan dengan cara yang alami dengan sambil bermain. Selamat mencoba!

3 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *