3 Tips Menahan Emosi Agar Tidak Berlebihan

berikut ini Menahan Emosi

Sahabat, pernah nggak sih merasa emosi? Sebenarnya apa sih emosi itu? Apakah emosi berlebihan itu berbahaya? Menurut KBBI, emosi adalah respon dari diri seseorang terhadap sesuatu yang menimpanya. Ada beberapa jenis emosi, tergantung pada apa yang terjadi pada diri seseorang. Sehat atau tidaknya bentuk emosi juga tergantung pada keadaan seseorang. Penasarankan? Ikutin terus, yaa

Emosi adalah suatu respon atau keadaan seseorang yang berpengaruh pada perubahan kondisi fisik ataupun moral seseorang. Kenapa sih emosi bisa terjadi? Emosi terjadi karena adanya faktor pendorong yang menyebabkan emosi itu datang. Contoh nih, ketika ada sahabat atau orang terdekat kita meninggal. Apa yang terjadi pada kita? Sedih, bukan? Nah ini salah satu contoh dari emosi.

Oh iya emosi juga nggak harus marah ya,  Sahabat. Kalausebagian orang menganggap emosi selalu indentik dengan rasa marah. Itu tidak benar, yaa.

Baca juga : Tips Membangun Rumahku Surgaku

Ciri-ciri Emosi

Ciri-ciri emosi itu seperti:
• Datang secara tiba-tiba dan tidak direncanakan. Tergantung pada faktor penyebab, dan sulit untuk ditahan.
• Perasaan emosi tidak berlangsung lama. Hanya bertahan beberapa saat, karena emosi bukanlah sifat ataupun tabiat yang selalu melekat pada diri seseorang

Lalu, bagaimana cara kita menahan emosi agar tidak berlebihan?

Tips Menahan Emosi

Nah disini saya punya tips buat sahabat yang susah menahan emosi. Diantaranya adalah:

1. Berusaha Untuk Tenang

Jika ada hal buruk atau masalah yang terjadi, berusahalah untuk tenang. Jangan terlalu panik. Percayalah semua masalah pasti ada jalan keluarnya. You must have positive thinking. Kita harus percaya bahwa setiap manusia pasti punya masalah. Bukan kamu saja, dan Dzat yang menimpakan kepadamu sebuah masalah pasti akan memberikan solusi. Trust me.

Baca juga : Fakta Unik dari Budaya Antre

2. Mengalihkan Perhatian.

Salah satu cara agar tidak berlarut dalam emosi adalah dengan mengalihkan perhatian. Misalnya seperti ini,
Sahabat gagal dalam suatu perlombaan atau kompetisi, otomatis ada perasaan sedih yang menyelimuti hati kita dong. Nah coba untuk mengalihkan perhatian kita dari kegagalan tersebut. Toh sahabat sudah melakukan yang terbaik, bukan?

Jangan pernah bosan untuk mengapresiasi diri kita sendiri. Sahabat pantas mendapatkannya. Memberi sedikit ruang pada diri untuk beristirahat sejenak. Dengan olahraga misalnya atau meluangkan hobby. Pokoknya melakukan hal yang membuat diri kita feel better.

3. Berwudhu

Berwudhu cukup ampuh dalam meredam emosi. Ketika sahabat emosi, cobalah berwudhu. Biasanya sedikit adem. Ya walaupun nggak langsung mereda sih emosinya. Tapi sangat membantu untuk menahan emosi yang berlebihan.

Nah itulah tiga cara bagaimana mengatasi emosi berlebihan. Semoga bermanfaat yaa, sahabat.

 

1 comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *