Judul Buku: Muda Kaya Raya Mati Masuk Surga (Menyiapkan Masa Depan Sejak Usia Belasan)
Penulis : Ahmad Rifa’i Rif’an
Tahun Terbit: Oktober 2013
Penerbit: Mizania
Jumlah Halaman: 151
ISBN: 978-602-9255-75-1

Muda Kaya Raya Mati Masuk Surga

Buku “Muda Kaya Raya Mati Masuk Surga” ini merupakan buku karya Ahmad Rifa’i Rif’an, seorang penulis yang juga lulusan S-1 Mechanical engineering ITS, Surabaya. Penulis sebelumnya sudah menghasilkan banyak karya bestseller antara lain: Jadikan Aku Halal Bagimu: Tuhan, Maaf Kami Sedang Sibuk, dan Don’t Cry! Allah Loves You.

Siapa yang tidak ingin hidup layak sedari muda? Hidup bahagia dengan harta yang bergelimang? Kemudian juga secara beriringan dapat meraih surga. Pasti setiap orang memimpikannya. Tapi bisakah hal tersebut menjadi kenyataan? Serta langkah apa saja yang dilakukan untuk bisa mencapainya? Semua hal tersebut tertumpah dalam buku ini.

Secara detail, penulis mengisi penuh buku “Muda Kaya Raya Mati Masuk Surga”  ini dengan nasihat dan langkah konkret bagi kaum muda untuk dapat mewujudkan mimpi yang sepertinya tidak mungkin, menjadi suatu dan bisa dicapai. Dimana tidak hanya dengan mengandalkan teori yang ditumpahkan dalam buku, tetapi penulis juga memberikan contoh usaha nyata untuk mewujudkannya.

Quote yang Kuat

Banyak juga terdapat quote dalam buku ini yang dapat dijadikan cambuk bagi kaum muda untuk terus berjuang, mandiri, dan mau keluar dari zona nyaman mereka. Contoh salah satu quote tersebut adalah “Kalau di masa mudanya nggak gengsi, insya Allah masa depan pun jadi bergengsi”.

Pernah kita dengar Buya Hamka mengatakan dalam sindirannya, bahwa kaum muda yang masih berorientasi pada hal-hal yang dirasa aman dan nyaman pada hakikatnya, telah menua semenjak muda. Sebab sejatinya di usia mudalah masa terbaik kita untuk bereksperimen dalam hidup, mencoba segalanya dan mempelajari banyak hal. Begitu pulalah yang tersirat dalam buku ini.

Pada bab kedua buku “Muda Kaya Raya Mati Masuk Surga” ini, penulis membukanya dengan kalimat Be A Young entrepreneur. Dimana pada bab ini, penulis ingin mengajak anak muda untuk berpikir dan bertindak dengan tidak mengikuti pakem tradisi dimana alurnya bisa ditebak, yaitu sekolah pintar, kuliah di kampus favorit, dan kerja di perusahaan bonafit.

Ahmad Rifai’i Rif’an tidak hanya memberikan motivasi dan langkah-langkah untuk sukses, tetapi juga menyisipkan nilai sosial dari ajakannya berwirausaha, hal tersebut tercantum dalam kata-katanya, “Jika punya kepekaan sosial yang tinggi, kita akan lebih semangat untuk berwirausaha. Motifnya bukan lagi soal uang, bukan lagi mengumpulkan kekayaan, tapi jauh lebih hebat, yaitu agar lebih banyak orang lemah yang terbantu. Agar makin banyak orang miskin yang bisa kita nafkahi. Agar makin banyak pengangguran yang bisa kita pekerjakan.

Pada akhir bab, penulis menggambarkan tentang bagaimana surga bisa mengiringi, sejalan dengan impian masa muda kita. Penulis menjelaskannya, juga menyiratkannya dengan beberapa hadits di dalamnya.

Pada keseluruhannya, buku ini merupakan buku yang layak anak muda baca untuk dapat memacu semangat mereka dalam berkreasi, berinovasi, serta mandiri. Dan juga mengingatkan bahwa impian sukses di usia muda dapat tercapai tanpa harus menyisihkan urusan akhirat. Impossible is Nothing.

Gresik, 27 September 2020
UmmuASA

1 comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *